Cara Agar Android Tidak Lemot


Cara Agar Android Tidak Lemot

Pernahkah Anda merasakan smartphone Anda lemot sampe sampe pengen dibanting? wha... jangan sampe segitunya dong....
Saya juga pernah mengalami hal seperti itu. Maklum, dulu belum tahu banyak tentang android. Ya, paling cuma buat maen game, Facebookan, Twiteran, Youtuban, dll. hehe...
Untuk membuat android tidak lemot sebenarnya mudah, hanya perlu bijak dalam menggunakan android. Walu pun dengan spesifikasi yang minim, hal android yang lemot sebenarnya bisa disiasati dengan cara mempercepat android yang akan saya bahas di bawah.


Saya dulu masih menggunakan android type gingerbread dan spesifikasi yang minim. Ketika saya menggunakanya, saya merasakan android saya lemot sekali. Setelah saya mengutak ataik dan mencoba-coba, akhirnya saya menggunakan cara mempercepat android seperti berikut :

  1. Menginstal Aplikasi Seperlunya.
    Biasanya, pengguna smartphone asal asalan saat menginstal aplikasi. Tidak tau fungsinya apa, yang penting download dan instal. Sampai sampai memori dan RAMnya penuh. Jadi, pasanglah aplikasi yang memang dirasa penting untuk Anda agar smartphone Anda tidak terlalu terbebani.
  2. Menyisakan Kapasitas Memori Internal.
    Sisa kapasitas memori biasanya digunakan untuk file-file khusus untuk aplikasi tertentu seperti google translate, youtube, dll.
  3. Mematikan Animasi.
    Animasi dapat memperlambat pergerakan transisi pada smartphone. Waluupun tampilan akan terlihat bagus, tapi kadang akan terjadi sedikit lag saat menjalankan suatu aplikasi. Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuha Anda.
  4. Mematikan Live Wallpaper.
    Live wallpeper akan terus berkerja dan berjalan di background dan memenuhi RAM smartphone Anda. Live wallpaper juga dapat memperboros baterai Anda. Jadi, sebaiknya gunakanlah wallpaper biasa.
  5. Mengurangi Penggunaan Widget.
    Selain dapat menyebabkan baterai boros, widget juga selalu berjalan di background. Widget akan selalu mengupdate dan menampilkan informasi secara terus menerus sehingga kinerja smartphone akan berkurang. Sebaiknya, gunakan widget yang penting atau seperlunya saja.


Kesimpulanya adalah bagaimana sobat menggunaka smartphonenya dan mengatur aplikasi yang diinstal.

Sekian cara mempercepat android, semoga bermanfaat..
Silakan komentar di bawah, nantikan artikel berikutnya, sampai jumpa..



Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Jika ada pertanyaan, komentar, atau saran, silakan tulis pada kolom di bawah ini.

ConversionConversion EmoticonEmoticon