-->

Tampilan Awal Aplikasi CorelDRAW X5

Hai sobat, pada artikel sebelumnya yaitu Pengaturan New Blank Document CorelDraw X5 sudah dijelaskan pengaturan untuk mengatur lembar kerja. Dan saat berada di tampilan awal aplikasi CorelDRAW, kita juga harus tahu menu-menu beserta fungsinya. Dan untuk sobat yang sedang belajar, mungkin artikel tentang tampilan awal CorelDraw ini cukup membantu.


Tampilan Awal Aplikasi CorelDRAW X5

Saat kita ingin membuat sebuah design, kita harus menal dan hafal menu-menu yang ada di aplikasi CorelDraw. Untuk menghafalnya, kita juga tidak perlu repot-repot, cuma perlu latihan dan latihan. Berikut penjelasanya :

Tampilan Awal CorelDRAW

  1. Title bar : nama dokumen yang sedang dibuat.

  2. Menu bar : baris menu yang berisi perintah-perintah yang digunakan untuk mengatur dan mendesain gambar. Menu bar terdiri dari : File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Text. Masing-masing menu mempunyai submenu dan perintah. Menu-menu yang terdapat pada menu bar akan saya jelaskan di sini

  3. Standard bar : baris menu standar yang memiliki sebagian fungsi Menu bar. Menu standar bar juga merupakan kumpulan dari ikon-ikon yang mewakili perintah-perintah untuk pengolahan layar utama.

  4. Property bar/Toolbar property : merupakan alat pendukung untuk memproses objek gambar lebih lanjut. Tampilan toolbar property akan berubah sesuai dengan objek yang dipilihnya. Misalnya, jika ikon pada toolbox yang aktif adalah Ellipse, maka property bar akan menampilkan ikon-ikon yang berhubungan dengan Ellipse.

  5. Menu Ruller : Berguna untuk meletakkan gambar dengan tingkat akurasi yang tinggi. Sobat dapat memunculkan ruller dengan memilih menu View --> Ruller. Atau dengan menggeser ruller ke tengah lembar kerja.

  6. Menu Color Plate : Untuk memilih warna-warna dasar atau melakukan pewarnaan objek. Sobat dapat memilih tingkat lanjut jenis mode warna dasar di Uniform Fill Tool.

  7. Document page : Berfungsi sebagai lembar kerja.

  8. Fill color : warna dalam gambar. Untuk memilih warna, dengan klik kiri warna pada Color Plate.

  9. Outline color : warna luar gambar. Untuk memilih warna, dengan klik kanan warna pada Color Plate.

  10. Document navigator : navigasi dokumen.

  11. Menu Status bar : status objek yang sedang dibuat. Berfungsi untuk menunjukkan informasi tentang status objek seperti tipe, ukuran, warna, fill, dan resolusi.

  12. Toolbox : yaitu menu terpenting untuk membuat objek atau mengatur objek. Komponen beserta fungsi dari toolbox akan saya jelaskan di sini.

  13. Objek/gambar : objek yang sedang dibuat.


Itu lah menu-menu yang ada pada tampilan awal aplikasi CorelDRAW X5, semoga bermanfaat.
Silahkan apabila ada pertanyaan atau kritik serta saran, tuangakn di kotak komentar. 
Terus ikuti Blog Setya Aji dan nantikan artikel berikutnya.







Previous
Next Post »
Load comments