-->

Mengisi Daya Macbook Terus Menerus

Hai sobat blog setya aji, masih seputar baterai macbook, kali ini saya akan membahas tentang baguskah macbook dibiarkan tersambung dengan charger terus menerus? silahkan dibaca sampai akhir untuk mengerahui jawabannya.

mencharger laptop macbook terus menerus

Baterai macbook kita tahu memiliki daya tahan yang bagus dan teknologi yang canggih untuk meningkatkan masa pakainya. Di MacOS terbaru, baterai macbook didukung dengan teknologi yang bernama Battery Health di mana sistem macbook akan mencatat riwayat suhu dan pengisian daya sehari-hari kita. Dari data tersebut, sistem akan menyesuaikan kapasitas maksimal daya yang dapat disimpan untuk memaksimalkan masa pakai baterai sesuai penggunaan kita. Oleh sebab itu, ketika kita lihat pada data pengisian maksimal, nilainya akan lebih sedikit dari kapasitas ketika pertama kita membelinya. Teknologi ini membuat masa pakai baterai lebih lama tapi durasi penggunaan saat menggunakan baterai akan sedikit lebih berkurang. Jika sobat ingin fokus di durasi penggunaan saat menggunakan baterai, sobat dapat mematikan fitur ini di pengaturan baterai.

Meski baterai macbook memiliki teknologi yang canggih, baterai tetaplah barang yang memiliki umur seperti barang elekrtonik lain. Baterai macbook memiliki batas siklus baterai yang biasa disebut cycle count. Untuk batas ini berbeda sesuai dengan tipe produk apple, dan macbook memiliki batas sampai 1000 cycle count. Biasanya ketika baterai telah mencapai batasa terasebut, kondisi baterai akan menurun dan keterangan baterai adalah perlu perbaikan. Jika ditemukan banyak tanda kerusakan, segera bawa laptop ke tempat service terpercaya.

siklus baterai macbook

Nah mungkin sobat pernah bertanya, bagaimana merawat baterai macbook agar awet dan tidak gampang rusak. Bagaimana cara mengisi daya yang baik. Apakah setiap baterai penuh harus segera dicabut atau dibiarkan saja dan dicabut sampai selesai menggunakan laptop. Jika kita terus mengisi daya dan mencabutnya, nanti cycle count akan terus naik dan sampai di batas maksimal. Pertanyaan-pertanyaan ini juga sering keluar dipikiran saya. 

Dari pada saya over thinking dengan pemikiran dan pertanyaan tersbebut, akhirnya saya beranikan diri untuk bertanya di forum diskusi apple, kurang lebih pertanyaannya seperti ini :

Every day I work with this laptop and it's always connected to the charger, is that okay? or I have to disconnect the charger when it's 100%?

Denga bahasa inggris seadanya, akhirnya saya mendapat jawaban atas pertanyaan saya, dan jawabannya kurang lebih seperti ini :

Kesimpulan dari jawaban tersebut adalah, tidak masalah jika kita ingin terus membiarkan macbook kita dalam keadaan terhubung dengan daya / charger selama kita menggunakannya. Contohnya saat kita sedang berada di kantor dan perlu menggunakan laptop selama bekerja. Kita biarkan saja sampai kita selesai menggunakan laptop. Dan jika dibutuhkan, seperti menggunakan laptop untuk mobilitas dan berpindah tempat, kita dapat mencabut charger dan menggunakan daya baterai. Kita hanya perlu menggunakan senyaman kita karena macbook tidak akan over charge.

Alasan dari penggunaan fleksibel di atas adalah karena baterai macbook memiliki teknologi Battery Helath yang sudah saya sampaikan di paragraf pertama. Teknologi ini akan menyesuaikan penggunaan kita. Dan perlu saya tambahkan bahwa saat kita menghubungkan daya / charger selama kita menggunakan laptop, sistem akan sedikit mengatur daya agar daya baterai tidak langsung penuh 100%, jadi mungkin sobat akan melihat status baterai tetap di 80%, dan saat tertentu baterai akan terisi penuh. Kita juga dapat langsung mengisi daya secara penuh dengan memilih pengaturan charge now di menu icon baterai.

Hal ini dikatakan baik oleh produsen apple sebagai langkah menjaga baterai dengan mempertahankan aktifitas kimia yang ada di dalam baterai. Fokus kita di sini adalah merawat baterai laptop macbook agar tidak mudah rusak dengan menchargernya di suhu normal dan tidak membiarkan baterai sampai kosong. 

Jadi, bagaimana sobat biasanya merawat baterai laptop? silahkan tulis di kolom komentar yaa.

Dan jangan ragu untuk membagikan artikel ini agar teman-teman yang lain mendapat manfaatnya juga.


Newest
Previous
Next Post »
Load comments