-->

Tips Cara Mengelola Chat di Whatsapp

Hai sobat Blog Setya Aji, WhatsApp saat ini merupakan aplikasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat internasional, terutama setelah pandemi melanda dunia. Dan penggunaan aplikasi WhatsApp menjadi meningkat dan menjadi perantara komunikasi sehari-hari. Maka dari itu, kita perlu untuk mengelola pesan / chat di WhatsApp agar semua pesan yang masuk tidak membuat kita kebingungan dan tetap fokus dengan chat yang penting.

Tips Cara Mengelola Chat di Whatsapp


Menghapus Pesan


Menghapus pesan merupakan langkah paling mudah dalam mengelola chat, sehingga selain pesan lebih rapi dan bersih, hal ini juga dapat memberikan ruang lebih pada memori perangkat kita. Ada 2 pilihan dalam menghapus pesan :

1. Ketuk dan tahan chat lalu pilih icon Hapus. Cara ini akan menghapus semua pesan personal dan menghilangkannya dari tab chat. Sedangkan untuk group akan tetap tampil di tab chat.


2. Masuk ke dalam chat lalu pilih menu di ujung kanan atas, lalu pilih opsi Lainnya dan pilih Bersihkan Chat. Cara ini akan menghapus pesan dalam obrolan tetapi tetap mempertahankan ruang obrolan dalam tab chat.


Membintangi Pesan


Jika kita ingin melihat pesan yang sangat penting atau kita ingin menyimpannya untuk dilihat lagi nanti, kita dapat membintangi chat. Caranya tinggal sobat ketuk dan tahan pesan yang diinginkan, kemudian pilih icon bintang dibagian atas. Jika sudah maka akan muncul tanda bintang di pesan tersebut. 

Membintangi Chat WhatsApp

Sobat dapat melihat semua pesan yang telah dibintangi di halaman Pesan Berbintang. Caranya pilih menu di bagian kanan atas, dan pilih Pesan Berbintang. Sobat juga dapat mencari pesan dengan memilih tombol search di sebelah kanan atas.

Melihat Chat yang Berbintang di WhatsApp


Memilih Group


Di dalam aplikasi WhatsApp yang original, ruang obrolan pribadi dan group digabung dalam tab chat. Apabila sobat memiliki banyak group, sobat dapat mengelola dan memilih group mana saja yang penting dan sobat dapat keluar dari group yang sudah tidak diperlukan lagi. Tapi perlu diperhatikan, jika kita ingin keluar dari group jangan lupa izin terlebih dahulu yaa 😄 Caranya ketuk group, pilih menu di bagian kanan atas, pilih Keluar dari group.

Keluar Dari Group WhatsApp

Keluar Dari Group WhatsApp

Setelah sobat keluar dari group, sobat dapat menghapus chat atau ruang obrolan group.

Prioritaskan Chat / Group


Sobat dapat membuat ruang obrolan selalu berada di atas sehingga sobat dapat dengan cepat mengakses chat karena chat tidak akan tenggelam 😀. Caranya ketuk dan tahan chat, lalu pilih icon pin di bagian atas. WhatsApp memberikan batas 3 chat yang dapat kita pin, jadi pilihlah 3 pesan yang menurut sobat paling penting yaa. 

Pin Chat WhatsApp

Mengarsipkan Chat / Group


Ketika pesan begitu banyak, mungkin kita akan merasa kewalahan bahkan pusing melihatnya, apalagi pesan pribadi gabung dengan pesan group. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita dapat mengarsipkan pesan sehingga tab chat lebih rapi. Caranya ketuk dan tahan chat, kemudian pilih menu arsipkan di bagian atas, chat akan otomatis menghilang dari tab chat dan masuk ke halaman arsip.

Mengarsipkan Chat WhatsApp

Pesan yang ada di dalam halaman arsip dapat ditampilkan sesuai kebutuhan kita apakah chat akan muncul di tab chat saat ada pesan baru, atau chat akan tetap di dalam halaman arsip. Pengaturan tersebut berada di pengaturan arsip di bagian kanan atas. 

Melihat Chat Yang Diarsipkan di WhatsApp

Pengaturan Pesan Diarsipkan di WhatsApp

Perbedaannya yaitu jika tulisan diarsipkan berada di atas list chat, berarti pesan tidak akan tampil di tab chat meski ada pesan baru. Jika tulisan diarsipkannya berada di bawah list chat, berarti chat akan tampil di tab chat saat ada pesan baru.

Jika sobat memilih chat tampil saat ada pesan baru, setelah selesai sobat dapat mengarsipkannya kembali agar tab chat tetap rapi 😁

Itu adalah beberapa tips yang biasa saya gunakan untuk mengelola chat di WhatsApp agar tetap rapi sehingga tidak membuat kita kewalahan dan tetap fokus. 
Jangan ragu untuk berkomentar di bawah, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini, semoga dapat bermanfaat. ✨

Newest
Previous
Next Post »
Load comments