-->

Menilai Tugas Siswa di Google Classroom

Hai sobat blogsetyaaji, kali ini saya akan melanjutkan pembahasan pada artikel sebelumnya yaitu Cara Menilai Tugas di Google Classroom.

Icon Google Classroom

Selama beberapa waktu ini, kita dihadapkan dengan kondisi yang cukup sulit yaitu pandemi Covid 19, sehingga aktivitas yang biasa dilakukan di luar rumah harus kita lakukan dari rumah. Hal ini juga berlaku pada siswa yang belajar di sekolah, siswa harus melakukan pembelajaran jarak jauh. Salah satu langkah yang diabil sekolah untuk menjalankan pembelajaran yaitu dengan menggunakan aplikasi kelas online atau LMS (Learning Management System).


Google telah membuat produk untuk menjalankan pembelajaran yang biasa kita sebut dengan Google for Education. Produk ini terdidri dari banyak aplikasi, salah satunya adalah Google Classroom. Google Classroom memiliki banyak fitur dan salah satunya adalah menilai tugas siswa dengan mudah serta kita bisa memberikan feedback atau komentar yang berisi saran atau pesan untuk siswa.

Pada artikel sebelumnya kita telah membuat rubrik di tugas google classroom, dan rubrik tersebut dapat kita jadikan indikator dalam penilaian, berikut ini cara menilai tugas di google classroom :

1. Buka google classroom.

2. Pilih aplikasi kelas yang tugasnya akan kita nilai.

3. Masuk ke dalam tab Tugas

4. Pilih tugas yang ingin dinilai


Memilih menu tugas google classroom


5. Akan muncul data siswa yang telah mengumpulkan tugas beserta dengan keterangannya, yaitu dinilai (siswa telah diberi nilai), tidak ada (siswa belum mengirim tugas), dan selesai terlambat.


Tampilan tugas siswa


6. Pilih siswa yang akan dinilai, bisa dari bagian samping, jika sobat ingin melihat detail tugas yang telah diserahkan siswa.


Detail tugas yang diberikan siswa


7. Sobat dapat membuka file yang telah diserahkan siswa, dan memberikan penilaian dengan detail di bagian koreksi, atau langsung kita nilai di bagian detail tugas siswa. Jika sobat menggunakan rubrik dalam tugas google classroom, maka sobat bisa memilih langsung nilai yang pantas diberikan kepada siswa dengan mengklik rubrik.


8. Jika sobat memilih langsung di file yang telah diserahkan oleh siswa, maka akan terbuka tab baru berupa bagian koreksi dan penilaian dari tugas siswa. Sobat dapat melihat langsung tugas siswa apabila formatnya berupa produk google seperti google slide atau google docs. 


Detail tugas siswa


Di panel bagian kanan, terdapat detail file siswa seperti kapan file tersebut dikirim. dan link untuk membuka file secara terpisah


Detail file siswa


Di bawah informasi file, terdapat bagian untuk menilai tugas siswa. Sobat dapat langsung memberikan nilai kepada siswa, dan jika sobat menggunakan rubrik, silakan pilih level poin dari masing-masing kriteria yang ada.


Menilai tugas siswa


Terakhir di bagian penilaian ini adalah komentar yang dapat sobat berikan kepada siswa sebagai masukan atau pesan.

9. Jika sudah diberikan nilai, jangan lupa pilih kembalikan, maka siswa dapat melihat nilai yang kita berikan beserta koreksinya.

Mengirim nilai tugas siswa

Jadi itu tadi langkah dalam menilai tugas siswa di Google Classroom. Caranya sangat mudah dan silakan sobat sesuaikan dengan kebutuhan sobat dalam menjalankan pembelajaran. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk sobat.

Jangan ragu untuk membagikan artikel ini ke teman lainnya dan tulis tanggapanmu di kolom komentar.


Previous
Next Post »
Load comments