-->

Cara Mudah Merawat Baterai Macbook Agar Awet

Hai sobat blog setya aji, beberapa waktu ini saya akan fokus membahas mengenai baterai macbook seperti cara mudah merawat baterai macbook agar tetap awet dan menampilkan notifikasi baterai lemah di macbook. Silakan disimak sampai akhir yaa.

Cara Mudah Merawat Baterai Macbook Agar Awet

Macbook sudah dikenal dengan performanya yang mumpuni. Salah satu pendukung performa tersebut adalah baterai yang tersemat di dalamnya. Dengan kondisi yang baik, baterai macbook dapat bertahan lebih dari 6 jam untuk melakukan aktivitas normal seperti browsing, menonton film, bersosial media, dan lainnya. Teknologi yang dimiliki baterai macbook juga berbeda dengan laptop yang lain dan tentunya cukup membuat baterai macbook termonitor.

Meskipun baterai macbook cukup powerful, pengguna juga perlu memperhatikan penggunaanya dan merawat baterai agar awet sehingga dapat menunjang kegitan sehari-hari dengan laptop. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka baterai macbook akan menjadi usang dan muncul masalah seperti charging yang sangat lama, daya yang cepat habis, panas, dan lainnya.

Menurut dokumentasi apple, masa baterai bergantung pada konfigurasi komputer dan cara kita menggunakanannya. Nah, berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan dan merawat baterai laptop macbook :

1. Konfigurasi Baterai

Macbook telah menyediakan pengaturan yang cukup untuk kita memaksimalkan baterai dan meningkatkan masa pakai baterai. Sobat dapat membuka pengaturan baterai dari System Preferences --> Battery. 

Pengaturan baterai macbook

Silahkan sobat gunakan pengaturan seperti di bawah ini :

  • Nyalakan "Agak redupkan layar saat menggunakan daya baterai". Pengaturan ini memungkinkan macbook menyesuaikan kecerahan layar menjadi 75% saat komputer tidak dicharger.
  • Matikan "Aktifkan Power Nap saat menggunakan daya baterai". Dengan pengaturan ini, macbook tidak memeriksa email atau pembaruan iCloud lainnya selama mode tidur, sehingga akan meningkatkan waktu siaga.
  • Nyalakan "Optimalkan streaming video saat menggunakan daya baterai". Pengaturan ini memungkinkan pemutaran video rentang dinamis tinggi (HDR) dalam rentang dinamis standar (SDR) saat menggunakan daya baterai, sehingga komputer menggunakan lebih sedikit energi.
  • Nyalakan "Pengalihan grafik otomatis". Pengaturan ini memungkinkan model MacBook Pro dengan beberapa prosesor grafis beralih secara otomatis di antara prosesor untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

2. Mengatur Kecerahan Layar

Macbook telah menyediakan sebuah fitur yang menurut saya sangat berguna apalagi untuk orang yang mobilitasnya tinggi, fitur tersebut adalah kecerahan otomatis. Fitur ini dapat mengatur tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi cahaya sekitar. Kecerahan yang sesuai selain membuat mata kita nyaman menlihat layar, hal ini juga dapat memaksimalkan baterai karena daya yang dikeluarkan juga akan disesuaikan. 

Pengaturan kecerahan layar macbook

Pengaturan layar macbook dari menu bar

Untuk mengatur kecerahan layar otomatis, sobat dapat ke System Preferences --> Displays, atau dari Control Center --> Display. Dan jika sobat ingin mengaturnya secara manual, sobat dapat mengaturnya seperti biasa di Touchbar atau tombol keyboard. 

3. Mengatur Backlight Keyboard

Fitur ini merupakan keunikan laptop macbook, yang memungkinkan kita melihat teks keyboard dengan lebih mudah meski di tempat minim cahaya. Meskipun membantu, jika sobat ingin memaksimalkan penggunaan baterai laptop seperti dalam keadaan tidak dicharger dan menghemat pemakaian daya, sobat dapat mengurangi atau mematikan backlight keyboard pada macbook. 

Sebagai catatan, untuk laptop macbook yang mendukung kecerahan layar otomatis, maka kecerahan backlight keyboard juga akan secara otomatis menyesuaikan kondisi cahaya sekitar.

Untuk mengatur kecerahan backlight keyboard, sobat dapat mengaturnya di Touchbar atau tombol pada keyboard.

4. Mematikan Koneksi

Dalam menjalankan kegiatan harian, kita mungkin perlu menggunakan koneksi seperti wifi untuk mengakses internet, bluethooth dan air drop untuk sharing files. Fitur koneksi tetap menggunakan daya baterai meskipun kita tidak menggunakannya.

Jadi jika kita ingin menghemat dan merawat baterai agar lebih awet, kita dapat mengaktifkan jika sedang memerlukannya dan mematikan koneksi jika sudah tidak digunakan lagi.

5. Menutup Aplikasi

Macbook memiliki performa yang tidak diragukan lagi, terutama dalam hal multitasking. Kita dapat menjalankan bayak aplikasi secara bersamaan tanpa ada kendala. 

Tetapi membuka aplikasi secara bersamaan juga dapat mempengaruhi penggunaan baterai karena aplikasi masih berjalan di memori. Sebaiknya kita tutup aplikasi yang sudah tidak kita gunakan dan membuka aplikasi yang kita perlukan saja.

6. Memperbarui Software MacOS

Pengembang apple selalu memperbaiki dan meningkatkan kinerja software macbook untuk mendukung perangkat laptop. Di versi OS macbook Catalina dan lebih baru, terdapat fitur untuk memaksimalkan penggunaan dan umur baterai yang dinamakan Battery Health. Fitur ini dapat meningkatkan masa pakai baterai laptop macbook dengan menyesuaikan tingkat kapasitas baterai sesuai dengan riwayat suhu dan pola pengisian daya kita. Untuk info lebih lanjut, sobat dapat mengunjungi link di bawah ini.

Battery Health Apple

Untuk memastikan sobat mendapatkan fitur terbaru MacOS, silahkan update berkala dengan membuka Sytem Preferences --> Software Update.

7. Lepaskan Perangkat Lain

Dalam melakukan kegiatan, kadang kita memerlukan perangkat lain dan menghubungkannya ke laptop kita seperti mouse, keyboard, atau handphone. Saat perangkat lain kita hubungkan dengan laptop, secara otomatis daya juga akan terambil. Sebaiknya kita gunakan perangkat lain dalam kondisi laptop menyala. Jika perangkat lain terhubung dengan laptop saat keadaan mati atau tertidur, baterai akan terkuras.

8. Hindari Suhu Ekstrem

Perangkat apple dirancang untuk beroperasi dengan baik dalam kisaran suhu yang luas, dari 16° hingga 22° C sebagai zona nyaman yang ideal. Hidarkan perangkat dari paparan suhu ekstrem yang lebih tinggi dari 35° C, yang dapat merusak kapasitas baterai secara permanen.

Mengisi daya perangkat dalam suhu lingkungan yang tinggi dapat semakin merusak baterai. Perangkat lunak mungkin membatasi pengisian daya di atas 80% saat temperatur baterai melampaui batas yang direkomendasikan. 

Menenyimpan baterai di lingkungan panas dapat merusak baterai secara permanen. Saat menggunakan perangkat di lingkungan dengan suhu sangat dingin, kita mungkin melihat penurunan dalam kekuatan baterai, tapi kondisi ini bersifat sementara. Setelah suhu baterai kembali ke rentang operasi normal, performanya akan kembali normal pula.

Suhu normal untuk macbook

9. Menyimpan dengan Separuh Daya

Jika sobat ingin menyimpan laptop dalam jangka waktu lama, ada dua faktor utama yang akan mempengaruhi keseluruhan kesehatan baterai yaitu suhu lingkungan dan persentase pengisian daya baterai ketika dimatikan untuk penyimpanan. Dalam menyimpan perangkat, sobat dapat mengikuti rekomendasi di bawah ini :

  • Matikan perangkat untuk menghindari tambahan penggunaan baterai.
  • Isi daya baterai ke sekitar 50%, jangan mengisi atau mengosongkan daya baterai sepenuhnya. Jika sobat menyimpan baterai ketika benar-benar kosong, baterai bisa masuk ke dalam keadaan pengosongan dalam, membuat baterai tak mampu menyimpan energi sama sekali. Sebaliknya, jika sobat menyimpannya dengan kondisi daya penuh untuk waktu yang lama, baterai akan kehilangan sebagian kapasitasnya, membuat kekuatan baterai lebih pendek.
  • Letakkan perangkat di lingkungan sejuk dan bebas kelembapan yang bersuhu kurang dari 32° C.
  • Jika sobat berencana untuk menyimpan perangkat selama lebih dari enam bulan, isi daya perangkat hingga 50% setiap enam bulan sekali.

10. Cek Kondisi Baterai

Hal terakhir yang dapat kita lakukan adalah tetap memantau kondisi baterai laptop kita. Kita dapat melihat persentase daya pada baterai di menu bar. Jika sobat tidak melihat persentase daya baterai, sobat dapat mengaktifkan pengaturannya di System Preferences --> Battery --> Show battery status in menu bar.

Kita juga dapat mengetahui tingkat kesehatan baterai kita dengan membuka menu Apple --> About this mac --> System Report --> pilih Power di menu sebelah kiri, dan sobat dapat melihat informasi kesehatan baterai.

Pengaturan macbook

Informasi baterai macbook

Sobat dapat akan melihat salah satu indikator status di bawah ini :

  • Normal: Baterai berfungsi dengan normal. 
  • Servis Dianjurkan: Kemampuan baterai untuk menyimpan daya kurang dari kemampuannya saat kondisi baru atau tidak berfungsi dengan semestinya. Sobat bisa melanjutkan penggunaan Mac dengan aman, tetapi sebaiknya bawa komputer ke Apple Store atau penyedia servis resmi Apple agar baterai diperiksa.

Untuk menyervis baterai, sobat dapat menghubungi Apple.

Agar sobat lebih maksimal dalam memantau kondisi baterai laptop, sobat dapat mengaktifkan notifikasi baterai di macbook.

Demikian langakah merawat bateari laptop macbook agar awet dan tidak mudah rusak. Dengan melakukan tips merawat baterai macbook di atas, sobat bisa mengantisipasi kerusakan, menjaga, dan meningkatkan performa baterai. 

Jangan ragu untuk membagikan artikel ini ke sobat lain dan tuliskan komentar kamu di bawah.

Previous
Next Post »
Load comments