-->

Belajar Sistem Templating Blade pada Laravel (Pengenalan)

Hai sobat, kembali lagi di tutorial laravel. Pada artikel kemarin kita sudah belajar tentang Sistem Routing pada Laravel. Untuk kali ini, kita akan belajar bagaimana menggunakan Sistem Blade pada Framework Laravel. Silakan disimak sampai akhir, dan semoga bermanfaat.


Belajar Sistem Templating Blade pada Laravel (Pengenalan)

Laravel adalah framework PHP yang bertujuan untuk mempermudahkan kita untuk membangun aplikasi atau website. Framework Laravel juga menyediakan banyak fitur dan kelebihan dan salah satunya akan kita pelajari pada aritkel ini yaitu sistem templating menggunakan Blade.

Sistem templating Blade adalah sistem templating yang diciptakan khusus pada framework laravel untuk mempermudahkan kita dalam membuat layout front-end. Sistem ini sangat cepat dibanding dengan sistem templating PHP lain, dan sistem templating Blade tidak membatasi kita untuk menggunakan plain PHP code. Jadi kita bisa menggunakan kode php seperti biasa beriringan dengan dengan blade view.

Baca Juga "Cara Mudah Menampilkan Data MySQL ke Android"

Pada dasarnya, sistem templating blade ini menggunakan code PHP seperti biasa, tetapi laravel telah mempermudahkan kita dengan kode blade yang singkat dan mudah untuk dipahami. Ketika aplikasi atau web yang kita buat dengan menggunakan blade dijalankan, maka sistem akan menterjemahkannya ke kode PHP biasa.

Tampilan blade menggunakan ekstensi .blade.php, jadi contohnya seperti mainview.blade.php. Untuk filenya disimpan di dalam folder resources/views. Kita dapat membuat folder view lebih spesifik lagi di dalam folder views/folderbaru. Penggunaannya nanti tinggal disebutkan sub folder dari dalam folder view.

Seperti yang sebelumnya saya katakan bahwa blade di laravel telah mempermudah kita sebagai developer ketika mendevelop sebuah tampilan menggunakan kode-kode pengganti yang telah disediakan. Kode-kode tersebut sebenarnya adalah modifikasi dari bahasa PHP yang telah ada. Alasan pembuatannya adalah agar kode mudah ditulis dan mudah di baca.

Berikut ini beberapa penulisan basic syntax pada blade. Untuk perbedaanya sobat dapat melihat list berikut ini :

1. Komentar

Tutorial Templating Blade pada Laravel

2. Menampilkan data

Tutorial Templating Blade pada Laravel

3. Percabangan

Tutorial Templating Blade pada Laravel

4. Perulangan

Tutorial Templating Blade pada Laravel

5. Include

Tutorial Templating Blade pada Laravel


Di atas adalah beberapa basic syntax yang ada pada templating blade, untuk selebihnya sobat bisa pelajari di dokumen aslinya.

Blade Templates

Kurag lebih itu adalah dasar dari templating blade pada laravel, semoga bermanfaat. Silahkan apabila ada pertanyaan silahkan bisa berkomentar di bawah.
Insyaallah akan ada artikel selanjutnya yang membahas cara praktik menggunakan teknik templating blade laravel, jadi tetap ikuti terus ya..
Silahakan share ke sobat lainnya agar ilmunya lebih bermanfaat 😄 sampai jumpa..







Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Jika ada pertanyaan, komentar, atau saran, silakan tulis pada kolom di bawah ini.

ConversionConversion EmoticonEmoticon