-->

Pentingnya Mencatat Keuangan

Hai sobat, kali ini aku akan berbagi tentang pentingnya mencatat pengeluaran uang kita. Karena menurut aku ini termasuk hal terpenting dalam mengelola keuangan dan aku sudah terbiasa melakukannya sampai saat ini.


Sebenarnya dalam mengelola keuangan, masing-masing orang memiliki caranya tersendiri. Ada yang mengelolanya dengan membagi uang dalam dompet, dimasukkan ke dalam kantong, mencatanya di buku, dan lainnya yang mungkin aku belum tau. Sobat mungkin bisa mencari referensi dan cerita dari orang lain, setelah membaca habis artikel ini tentunya.

Sampai saat ini aku masih menyukai kebiasaanku waktu kecil, yaitu menghemat sebanyak mungkin pengeluaran dan memasukkannya dalam tabungan. Tapi semenjak bekerja dan tinggal tanpa orang tua, aku harus lebih pintar dalam mengelola keuanganku, apalagi sekarang keinginan makin banyak. Tidak seperti waktu kecil yang hanya ingin beli mainan ini dan itu, jajan ini dan itu, sekarang keinginanku bahkan sampai tidak masuk akal. Yaa, mungkin ini adalah keinginan orang yang mulai masuk dalam quarter life.

Tanpa pengelolaan uang yang baik, kemungkinan kita mengeluarkan uang tak terkendali semakin besar. Pengeluaran kita tiap bulan juga bisa tidak stabil karena kita tidak menganalisisnya dengan baik. Aku, atau mungkin sobat pernah mengalami, mendengar keluh kesah orang sekitar yang mempertanyakan kemana perginya uang yang dia punya, kok sudah tidak dalam genggaman lagi, padahal memiliki keinginan lain ini dan itu.  

Salah satu langkah yang bisa kita lakukan dalam mengelola keuangan yaitu mencatat pengeluaran. Untuk setiap penggunaan uang, setidaknya kita memiliki rekam kemana uang kita digunakan. Mungkin kita bisa mengingat apa saja yang kita beli pada hari kemarin, tapi apabila ternyata uang yang kita simpan terasa janggal dan kita mencoba mengingat kembali, sedangkan kita sudah lupa, itu lumayan membuat kita overthinking. Parahnya kita menayakan kepada orang lain, di mana uang yang kita simpan, kok sudah habis aja?

Pertama kali aku mencoba langkah ini memang rasanya sunggguh merepotkan. Aku menginstal aplikasi pencatat keuangan di hp, lalu mencatat setiap pengeluaran yang baru saja aku lakukan. Waktu terus berjalan, aku kadang lupa untuk melanjutkan pencatatanku, dan benar saja, ketika aku mencoba memasukkan data pengeluaranku di hari-hari sebelumnya, aku sudah lupa, dan aku juga tidak tau kemana beberapa uang yang kupunya.

Jadi untuk memaksimalkan langkahku ini, aku bahkan sampai membuat pengingat di hpku untuk mencatat penggunaan uang di malam hari. Optimisasi ini sungguh berhasil kujalani, mungkin karena aku menjadi terbiasa dan rasanya jadi aneh kalau aku lupa. Tapi percaya saja, mencatat keuangan itu memang penting.

Untuk sobat yang belum pernah mencoba langkah ini, mungkin sobat bisa lakukan dulu pencatatan selama sebulan. Lakukan sesuai dengan waktu yang sobat inginkan, mau langsung setelah mengeluarkan uang, atau waktu-waktu tertentu seperti di siang atau malam hari. Yang penting sobat mencatat pengeluaran sobat setiap hari. Kalau perlu, buat reminder di hp agar tidak lupa. Sobat bisa mulai mencatat pengeluaran di buku dengan format sederhana, atau mencatat pengeluaran menggunakan aplikasi karena sekarang sudah banyak aplikasi pengolah keuangan yang bisa diunduh gratis di hp.

Setelah mencatat keuangan selama 1 bulan, sobat dapat melihat apa saja hal yang membuat sobat mengeluarkan uang. Sobat juga dapat mengetahui total jumlah pengeluaran sobat bulan itu. Dari data yang telah terkumpul, sobat dapat membuat beberapa kesimpulan tentang keuangan pribadi sobat seperti membuat kategori pengeluaran, menganggarkan biaya untuk suatu keperluan, dan menentukan jumlah uang yang bisa disisihkan untuk ditabung. Hasil dari kita mencatat keuangan ini dapat kita gunakan untuk memaksimalkan pengelolaan keuangan kita dan meningkatkan penggunaan uang kita di waktu mendatang. Sederhananya, pencatatan keuangan ini menyimpan data keuangan kita dan kita bisa mengevaluasi serta meningkatkan keuangan kita dari data tersebut.

Ketika sobat menggunakan aplikasi pengelola keuangan, sobat akan terbantu lebih banyak karena biasanya aplikasi pengelola keuangan memiliki banyak fitur disamping mencatat keuangan. Setelah sobat memasukkan data, maka aplikasi akan menghitung otomatis data tersebut sesuai fitur yang tersedia, contoh kecilnya adalah total pengeluaran harian, bulanan, dan tahunan. Kita juga bisa langsung menentukan kategori atau jenis pengeluaran untuk setiap catatan kita, setelah itu aplikasi akan menghitung jumlah yang dikerluarkan untuk masing-masing katergori tersebut. Contoh kita memiliki kategori household dan lifestyle, setiap kita mengeluarkan uang untuk keperluan harian dan rumah tangga, maka kita tentukan catatannya dengan kategori household, begitu juga dengan pengeluaran ketika kita jajan atau jalan-jalan, maka kita tentukan kategori catatannya dengan lifestyle. Setelah di akhir minggu sobat dapat tahu jumlah total pengeluaran dari masing – masing kategori. Hal ini sangat keren menurutkku, sobat bisa membaca artikel soal penggunaan aplikasi keuangan ini di artikel saya berikutnya.

Nah, mungkin itu tadi sedikit cerita dariku bagaimana aku mulai dan melakukan pencatatan keuangan. Dan dari cerita tadi semoga pentingnya mencatat keuangan ini dapat menjadi refrensi tambahan sobat dalam mengatur keuangan. Apabila sobat meresa artikel ini bermanfaat, silakan bagikan ke orang lain dan jangan lupa tuliskan komentar sobat tentang pentingnya mencatat keuangan. Selamat membaca di artikel berikutnya.


Newest
Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Jika ada pertanyaan, komentar, atau saran, silakan tulis pada kolom di bawah ini.

ConversionConversion EmoticonEmoticon