-->

Cara Mudah Menabung Untuk Anak Sekolah

Hai sobat, alhamdulillah minggu ini punya kesempatan untuk nulis artikel di sini. Di tengah pandemi ini aku sedang mencoba untuk memanfaatkan waktuku semaksimal mungkin untuk menjadi produktif. Dan di kesempatan kali ini aku akan cerita tentang cara mudah menabung untuk anak sekolah. Aku rasa artikel ini bisa memberikan manfaat terutama untuk adik-adikku yang masih sekolah.


cara mudah menabung untuk anak sekolah



Menabung singkatnya yaitu kegiatan menyimpan uang untuk suatu tujuan yang kita inginkan. Pada artikel sebelumnya, aku membahas bagimana menabung bisa menjadi hobiku dari kecil. Singkatnya, jika kita memiliki keinginan yang cukup besar, tujuan yang jelas untuk apa uang yang kita simpan ini digunakan, maka kita akan mendapat motivasi yang kuat untuk menabung. Hal ini bisa membuat kita merasa ringan walau jumlah uang yang kita tabung tidak banyak.


Hanya saja, beberapa orang merasa aktifitas menabung ini sulit untuk dilakukan. Menurut saya ini masuk akal, apalagi jika jarang dilakukan dan budaya konsumtif kita tidak terkontrol dengan baik. Kondisi juga bisa menjadi alasan mengapa menabung ini sulit dilakukan, seperti uang yang dimiliki hanya cukup untuk kebutuhan, dan biasa yang dialami anak yang masih sekolah adalah uang saku yang seadanya. Hal ini juga aku alami ketika dulu waktu sekolah, untuk cerita lengkapnya mungkin sobat bisa baca kembali di artikel sebelumnya.


Tetapi aku yakin dibalik kendala-kedala tersebut, pasti ada solusi yang bisa kita lakukan agar kita dapat menabung dengan mudah. Untuk yang masih sekolah, di sini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar menabung terasa mudah :


1. Tentukan tujuan menabung


Hal ini sangat penting untuk kita perhatikan, ibarat membangun rumah ini adalah pondasinya. Kita perlu untuk menentukan terlebih dahulu tujuan keuangan kita agar kita tahu arah saat menabung. Jika kita tak memiliki tujuan menabung, mungkin kita masih bisa menabung, tapi hal ini bisa menaik turunkan motivasi kita saat menabung. Menentukan tujuan menabung juga bisa menjadi latihan awal kita untuk menjalankan proses pengelolaan keuangan yang lebih jauh lagi seperti mengatur pendapatan dan invesasi.


2. Menyisihkan uang saku


Uang saku mungkin menjadi pendapatan utama bagi pelajar. Apabila kita sudah memiliki tujuan menabung yang jelas, kita bisa menentukan berapa banyak uang yang perlu kita sisihkan untuk mendapatkan keinginan kita dalam jangka waktu yang sudah kita tentukan. Contoh jika uang saku kita 5000, mungkin kita bisa menyisihkan 1000 perhari selama seminggu untuk membeli peralatan belajar. Jika dirasa jumlah uang saku kita pas pasan tapi kita ingin mendapatkan keinginan kita segera, mungkin kita bisa melakukan langkah ekstrim di bawah ini.


3. Menyisihkan terlebih dahulu baru jajan


Langkah ini sebenarnya adalah bersifat optional, jadi sobat bisa ambil atau lewati saja. Kalau dulu aku sering melakukan langkah ini, bahkan sekarang juga masih kulakukan. Hal ini sedikit berbeda dari langkah sebelumnya, walau kelihatannya sama. Di sini kita bisa mengambil dulu jumlah uang yang kita gunakan untuk menabung, lalu sisanya baru kita manfaatkan untuk kebutuhan kita. Dengan begini dana tabungan kita akan tetap stabil karena kita melakukannya di awal. Konsekwensinya adalah kita perlu pintar dalam memanfaatkan uang sisa menabung untuk kebutuhan kita.


4. Pilih penyimpanan uang terbaik


Di sini aku tidak akan mewajibkan sobat untuk menabung di bank seperti orang kebanyakan. Silakan pilih tempat teraman untuk menyimpan uang sobat. Sebisa mungkin jika uang sobat disimpan di tempat ini, sobat atau orang lain sulit untuk mengambilnya. Ya, contoh mudahnya adalah celengan hehe. Dengan begini sobat bakal susah untuk pekai uang tabungan kalau lagi pengen jajan.


5. Bawa bekal dari rumah


Tak bisa dipungkiri lagi jajan di sekolah adalah makanan yang menarik untuk disantap saat sekolah. Tapi untuk bisa menghemat lebih efektif lagi, sobat bisa membawa bekal makanan sendiri agar uang saku sobat bisa dialokasikan untuk menabung lebih banyak. Silakan bawa bekal yang menarik, mungkin sobat bisa meminta orang tua membuatkannya, sehingga sobat tidak bosan dengan bekal yang dibawa ke sekolah.


Menabung sebenarnya adalah aktifitas yang mudah apabila kita tau caranya dan terbiasa melakukannya. Poin di atas adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk membuat aktifitas menabung menjadi lebih mudah. Ini adalah langkah yang dari kecil aku lakukan, mungkin sobat memiliki langkah lain yang menurut sobat bisa ditambahkan. Jika ada, silakan tuliskan di kolom komentar yaa. Apabila sobat merasa artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikan ke sobat lainnya agar artikel ini bisa membawa manfaat lebih luas lagi. Selamat menabung.


.

.

.


Untuk terbiasa menabung, mungkin mencatat penggunaan uang akan cukup membantu. 😀







Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Jika ada pertanyaan, komentar, atau saran, silakan tulis pada kolom di bawah ini.

ConversionConversion EmoticonEmoticon