-->

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×

Cara Instal Laravel Terbaru

Hai sobat, kali ini kita akan belajar topik baru yaitu tentang pemrograman web dan lebih spesifiknya kita akan belajar tentang Framework Laravel. Mulai sekarang saya akan sharing ilmu yang selama ini saya pelajari, maka dari itu silahkan disimak sampai akhir ya.

Cara Instal Laravel Terbaru

Singkatnya, Framework Laravel adalah framework PHP yang powerfull untuk membangun aplikasi atau website. Laravel menyajikan berbagai librari dan helper yang membuat developer lebih cepat dalam mengembangkan aplikasi atau website. Untuk lebih jelasnya, masi sobat bisa mempelajarinya di website officialnya pada link di bawah.

Laravel

Sebelum saya mempelajari Laravel, mulanya saya menggunakan framework CodeIgniter yang secara teknis lebih mudah untuk orang yang mulai menggunakan framework. Antara kedua framework ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, tetapi overal keduanya sangat powerfull dan mudah untuk digunakan.

Oke, sekarang kita mulai belajar Laravel. Hal pertama yang harus ketahui adalah cara mengistal framework Laravel ini. Untuk cara instalasinya, Laravel telah menyediakan cara mengisnstal Laravel dengan cukup jelas, untuk linknya dapat sobat baca pada link di bawah.

Documentation of Instalation 

Pada artikel ini saya menggunakan OS Windows, jadi untuk OS lain mungkin akan saya jelaskan di artikel lain. Oke sekarang kita mulai langkah-langkahnya :

Sebelum kita menginstal laravel, kita perlu tahu server requirementnya terlebuh dahulu :
  1. PHP >= 7.1.3
  2. OpenSSL PHP Extension
  3. PDO PHP Extension
  4. Mbstring PHP Extension
  5. Tokenizer PHP Extension
  6. XML PHP Extension
  7. Ctype PHP Extension
  8. JSON PHP Extension

Menginstal Laravel menggunakan Composer :

1. Untuk mengisntal laravel dengan composer sangat mudah, pertama instal dahulu aplikasinya lewat website composer dan instal sesuai intruksi.
2. Setelah mengistal composer kemudian kita buka command prompt di folder htdocs dengan mengetikan keyword "cmd" di lokasi folder seperti gambar no 1 dan 2. Tekan enter maka comand prompt akan terbuka di folder htdocs.

Cara Instal Laravel Terbaru

Cara Instal Laravel Terbaru

Cara Instal Laravel Terbaru

3. Ketikkan kode berikut di cmd, maka proses instalasi akan berjalan secara otomatis. Ganti nama larablog dengan nama project yang sobat inginkan

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel larablog


4. Tunggu sampai proses instal laravel selesai.

Cara Instal Laravel Terbaru


Cara Agar Akun Goole Tetap Aman


Mengistal Laravel dari file laravel yang telah ada :

Cara ini biasa dilakukan developer yang ingin dengan cepat menginstal laravel. Cara ini juga tidak memerlukan koneksi internet. Kekurangan dari mengisntal laravel dengan langkah ini adalah file yang disediakanmungkin buka versi yang terbaru. Untuk langkah pengisntalannya seperti berikut :

1. Lakukan langkah instalasi dengan menggunkan composer ketika konek internet
2. Jika laravel telah terinstal dengan baik, kemudian copy semua file dalam project laravel tersebut ke dlam folder project yang akan dibuat.
3. Laravel siap digunakan.

Menjalankan project laravel yang telah terinstal

Untuk menjankan project laravel yang telah kita instal kita dapat langsung membuka aplikasi browser dan memasukkan alamat seperti berikut ke URL Address. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan server php artisan seperti kode berikut.

Cara Instal Laravel Terbaru


php artisan serve


Cara Instal Laravel Terbaru

Cara Instal Laravel Terbaru


Mungkin itu saja dari saya tentang cara mengisntal laravel. Jika ada pertanyaan atau tambahan silahkan berkomentar di bawah. Jangan lupa share artikel ini jika ke sobat lain agar makin bermanfaat. Tetap pantau untuk artikel selanjutnya, sampai jumpa 😁




Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Jika ada pertanyaan, komentar, atau saran, silakan tulis pada kolom di bawah ini.

ConversionConversion EmoticonEmoticon