-->

HIdup Sehat dengan Islam

Banyak orang mencari kesehatan, bahkan kalau di dunia barat bagi mereka kesehatan itu segala-galanya. Makanan serba steril begitu juga pakaian dan yang lainnya. Mereka sangat memperhatikan sekali masalah kesehatan. Akan tetapi kalau kita perhatikan, Islam lah yang paling memperhatikan kesehatan. Siapa saja yang mempelajari sunnah nabi, dia akan dapatkan bahwa asal ataupun kaidah-kaidah kesehatan itu sudah diajarkan oleh nabi. Bagaimana Rasulullah dalam mempraktekkan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dalam tata cara makanya.


Allah berfirman “Makanlah dan minumlah dan jangankah berlebihan” ayat ini berbicara tentang ilmu kesehatan secara keseluruhan. makan dan minumlah jangan berlebihan, dan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam juga menjelaskan, tidak lah anak Adam memenuhi bejana yang lebih buruk melebihi perutnya, cukuplah bagi anak Adam untuk  menegakkan tulang punggungnya. tapi kalau dia ternyata harus makan juga, dibuat sepertiga untuk makannya, sepertiga untuk minumnya, seperti untuk nafasnya. Siapa saja yang mempelajari hadits ini kita dapati, cara makan yang sehat yang diajarkan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. Salah satu penyebab utama munculnya penyakit adalah dari makanan, di mana lambung ketika melebihi kapasitasnya dan selalu diisi dan isi akibatnya lambung itu akan rusak. Ketika lambung rusak, limpa juga akan rusak Dan cara tidur Nabi memberikan tata cara tidur yang sehat. Nabi selalu tidur ketika di awal waktu malam, waktu awal sangat dianjurkan untuk tidur karena apabila seseorang tidur larut ,malam itu akan mempengaruhi pekerjaan organ-organ tubuh terutama jantung, demikian pula hatinya. Sehingga orang yang senantiasa tidur kemalaman pasti akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Sabda Rasulullah, aku tidak suka tidur sebelum isya dan Allah aku tidak suka untuk berbincang-bincang setelah sholat Isya. Makanya Rasul menganjurkan umatnya untuk tidur di awal malam. Selainitu tata cara Nabi tidur adalah cara yang paling aman dan sehat, beliau selalu tidur diatas rusuk yang kanan karena kalau kita tidur di atas rusuk yang kiri, maka itu akan memperberat kerja jantung kita. makan bisa jadi makanan yang ada dalam lambung bisa tumpah ke jantung sehingga bisa merusak pekerjaan jantung itu sendiri. Itulah alasan Rasul tidur di rusuk yang kanan. Semua dokter berkata bahwa tidur yang paling sehat adalah tidur diatas rusuk yang kanan.

Subhanallah ketika ketika menyebutkan tentang pokok-pokok kesehatan, beliau  berkata bahwa ketahuilah pokok kesehatan di dalam tubuh manusia ada tiga pada tiga poros dan itu ditunjukkan oleh Alquran dan Hadas. Yang pertama adalah menjaga stamina, kedua tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa merusak tubuh, yang ke tiga  berusaha untuk mengeluarkan dari tubuh kita unsur-unsur yang bisa merusak. Adapun yang perlu menjaga stamina maka itu ditetapkan oleh Al-Qur'an dan Hadist bahwa orang yang sakit diperbolehkan ia tidak berpuasa untuk menjaga staminanya sehingga tidak semakin lemah ketika menghadapi penyakit. Adapun yang kedua tidak mengkonsumsi sesuatu yang bisa merusak tubuh . Allah mengharamkan arak dan mengharamkan semua yang bisa berbahaya untuk tubuh, mengkonsumsi racun. Allah telah meletakkan kaidah, apabila ada sesuatu yang lebih besar daripada manfaatnya maka lebih dikedepankan bahayanya dan tinggalkan itu.

Allah berfiran Mereka bertanya kepadamu tentang arak dan judi, katakan padanya ada dosa besar tapi ada manfaat-manfaat untuk manusia ,tapi jika dosa dan bahaya yang lebih besar daripada manfaatnya, maka Allah haramkan arak karena itu mudaratnya lebih besar.Jangan mengkonsumsi sesuatu yang bisa merusak tubuh kita. Kadang kita  tidak peduli Apakah makanan yang kita masukkan ke mulut kita itu berbahaya atau tidak, apalagi di zaman sekarang makanan banyak tercampur dengan sesuatu yang terkadang itu bisa merusak tubuh otak dan yang lainnya bahkan ada sebagian makanan seperti ikan-ikan yang dipoles dengan namanya zat-zat untuk mayat ,kemudian yang kaidah yang ketiga yaitu mengeluarkan unsur yang rusak dari tubuh, Nabi berbekam mengeluarkan darah yang panas dari tubuh kita karena itu bisa merusak tubuh,

Nabi  juga mempraktekkan tips supaya muntah, muntah sangat dianjurkan sebagaimana dikatakan oleh para tabib muntah sebulan dua kali itu sangat menjaga kesehatan . menghindari penyakit kusta dan yang lainnya. Muntah mengeluarkan makanya yang bersifat merusak. ternyata kaidah kesehatan, ini sudah diajarkan oleh nabi kita. Cobalah kita lihat bagaimana kehidupan Nabi SAW dalam masalah hubungan badan ,maka Rsulullah mengajarkan kepada kita supaya tidak berlebihan tapi juga tidak kurang karena berlebihan coitus itu akan menyebabkan penyakit, kurang pun juga akan memberi menyebabkan penyakit.


Demikian pula ,penyakit penyakit hati itu bisa berpengaruh kepada badan, makanya rasul menyuruh kita bersabar tawakal jangan marah jangan banyak tertawa itu semua karena bisa merusak anggota tubuh kita organ tubuh kita. Jauhi oleh kamu banyak tertawa karena itu bisa mematikan hati ternyata benar, orang yang banyak tertawa bisa mengeraskan jantungnya sehingga berakibat akan merusak, kebanyakan marah itu akan bisa merusak organ hati, demikian pula kebanyakan bersedih bisa merusak organ limpa. Maka Islam datang untuk ada ketika  kita dalam kesedihan, kita serahkan kepada Allah sehingga kita tidak perlu bersedih kita tawakal kepada Allah sehingga kita tidak stres dalam hidup kita. Kita disuruh untuk selalu berdzikir agar selalu di hati kita tenang .Semua itu untuk menjaga keseimbangan tubuh .Tapi tentu ingat tujuan itu semua yang paling utama, yang paling utama adalah kehidupan akhirat bukan kehidupan dunia sunnah nabi memang seha, siapapun yang mempelajari sunnah nabi, pasti sehat  Hidupkan dari pelajarilah sunnah nabi karena itu sangat bermanfaat..

Sekian artikel tentang HIdup Sehat dengan Islam, semoga bermanfaat dan bisa menjadi pelajaran untuk kita bagaimana menjalani hidup sehat dengan Islam.

Previous
Next Post »
Load comments