-->

Istighfar Setelah Sholat

Rasul SAW selalu membaca istigfar setiap kali selesai sholat, tapi mengapa rasul setelah selesai sholat selalu membaca istighfar? Apa sholat itu dosa? Tidak mungkin kan. Jawabanya adalah bahwasanya terkadang saat kita sholat ada sesuatu yang bisa merusak sholat kita, seperti kita memikirkan sesuatu yang tidak layak atau kita tak terasa kemsukan niat tidak iklas. Maka rasulullah istighfar memohon ampunan terhadap apa yang menimpa ibadah kita.


Hal ini memberikan sebuah pembelajaran kepada kita untuk mengintrospeksi diri kita. Introspeksi diri kita seharusnya berada di dua tempat tempat yang pertama adalah sebelum sholat dan yang ke dua adalan setelah sholat. Sebelum sholat kita harus mengintrospeksi diri kita, apakah kita ikhlas akan melakukan ibadah, dan bertanya pada diri kita tentang untuk siapa dan untuk apa kita beribadah. Dan setelah selesai sholat, kita harus mengintrospoksi diri kita tentang apakah saat kita melakukan ibadah terjadi sebuah kesalahan atau kelalaian yang terjadi saat kita sholat.

Maka kita harus beristigfar atas apa yang telah terjadi. Itulah kenapa Rasulullah selalu membaca istigfar setelah sholat. Dan juga kita jangan terlalu menganggap diri kita sudah baik dalam beribadah, karena belum tentu ibadah kita sudah baik. Kita tidak tahu jika ada sebuah amalan yang sangat kecil yang bisa membuat ibadah kita baik atau malah bisa merusak ibadah kita. Seperti yang telah Rasulullah ajarkan kepada kita bahwa kita tidak boleh ujub terhadap sholat kita dan menganggap jika kita sholat kita telah melakukan amalan yang terbaik. Padahal sebaik baik manusia adalah yang merasa khawatir terhadap sholatnya, khawatir jika sholatnya tidak diterima oleh Allah SWT dan selain khawatir, juga berharap agar sholatnya bisa diterima oleh Allah.

Untuk terus khusuk saat sholat tidaklah mudah, kadang kita tidak sengaja memikirkan sesuatu bahkan sesuatu yang tidak layak untuk difikirkan dan kita mencoba untuk khisuk kembali, tapi iblis datang lagi dan membuat kita teringat akan suatu hal dan membuat kita tidak khusuk kembali. Maka istighfar setelah sholat adalah hal penting yang harus kita lakukan agar diri kita tetap berintrospeksi diri.


Sekian artikel tentang Istighfar Setelah Sholat, semoga bermanfaat. Terus ikuti dan temukan artikel menarik lainya.

Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Jika ada pertanyaan, komentar, atau saran, silakan tulis pada kolom di bawah ini.

ConversionConversion EmoticonEmoticon